Minggu, 20 Maret 2011

Jakarta (lagi)

Masih seputar jakarta sih..ga ada abis abisnya emang klo ngebahas tentang jakarta raya ..banyak kamuflase terjadi di dalam ibukota kita ini..banyak manusia manusia bermuka dua disini..sekedar untuk mencari uang dalih mereka(mungkin).kamis pagi sekitar jam 5-an gue nganter bokap gue ke bandara soetta..menurut gue dalam waktu 40menit juga sampe..selain kita berangkat pagi ini juga bukan hari senin..hahahha..gak tau kenapa tapi menurut gue biasanya senin itu adalah hari macet se-Jakarta..oke,sekarang bukan cuma senin tapi setiap hari,,hooohhh..gue masuk tol jatibening..bayar seribu setelah pintu tol tiba-tiba macet..haduh jam segini macet?di tol?gue mikir pasti ada kecelakaan..setelah jalan tersendat sendat,akhirnya gue tau apa penyebabnya..METROMINI dan BUS ngetem dengan banyak penumpang yang menunggu di sisi sisi jalan..busetttttt gue kaget..jelas,gue bukan kaget karena ada bis sama metromini di jalan tol..tapi gue kaget metromini dan bus itu ngetem dan nunggu penumpang di dalam jalan tol yang notabenenya adalah jalur bebas hambatan..yang lebih kaget lagi sampingnya itu pos polisi..anehhhh anehhhh banget emang..jalan tol jadi kaya terminal gitu..what city do you live in buddy?gue bertanya sama diri gue sendiri
Mengenaskan..jalan yang aturan bebas hambatan malah jadi “terminal mini” itu berlangsung setiap pagi-sore biasanya di hari-hari kerja yang ramai..mengenaskan karena di samping “terminal mini” ini adalah pos polisi..polantas setempat ga berbuat  apapun?sakit jiwa!.jalanan pagi hari yang harusnya damai sentosa tiba tiba jadi macet gini..pagi harinya juga jam 5,coba jam 6 lewat dikit aja..hahahaha..pasti lo akan setresss..ngeliat ribuan manusia berbondong bondong pergi ke jantung ibukota..ada yang mencari nafkah,ilmu,dan mengajar..berbagai profesi juga ada..guru,dosen,eksekutif,koruptor,tukang selingkuh,mahasiswa ipk cumlaude,mahasiswa ipk nasakom pokoknya banyak profesi yang berlalu-lalang di jakarta khusunya di pagi hari..dan bisa lo bayangin berapa banyak orang dengan kendaraannya melintas..dan bisa lo bayangin juga lebar jalan yang udah ga bisa menampung jumlah kendaraan yang semakin banyak..kasian ya jakarta ini..haaaahhhhhh..
Sore gue kembali lagi ke bandara soetta..gue mau jemput bokap..biasanya gue di temenin nyokap klo mau jemput,cuma karena nyokap di kantor jadi kita ketemuan aja langsung di bandara..flight bokap gue jam 16.25 dari Palembang berati ga sampe sejam udah tiba di jakarta kemungkinan jam 17.25 lah selama-lamanya..gue berangkat jam 4 lewat..gue berfikir “ahh ini kan jam pulang kerja paling jalur yang gue lewatin ga macet”.pikiran gue meleset ternyata..justru jalur sebaliknya malah ga macet ,tapi jalur gue malah macet..aneehhhhhhh..hari teraneh buat gue..apaan tau ini..ahhhh gue menggerutu dalem mobil..karena lo tau..gue sebenernya paling males banget ketemu macet-macetan gini..klo bukan jemput bokap juga males gue..hahahaha..malemnya gue lewat rawamangun sama bokap nyokap..mau nyari makan..gue berhenti di lampu merah,samping gue mobil polantas,depan gue metromini..lampu ijo pun bersinar “cling” begitulah kira-kira bunyinya..gue jalan,mobil polantas jalan metromini juga jalan..baru jalan beberapa meter tiba-tiba metro depan gue berhenti mendadak..gue reflek langsung nglaksonn..mobil sama motor-motor yang lain juga..gue mikirnya ini metro mau nurunin atau naikin penumpang..wahh hebat juga nih supir sama keneknya..ada polantas masih bisa dia ngerem mendadak gini..gue terkagum-kagum..apakah si supir punya ilmu?apakah keneknya sebenernya siluman?atau dua-duanya siluman?.tau taunya si kenek turun..lari ke arah mobil polantas..wahh mampusss kata gue dalam hati..makanya jgn bikin ulah di jalanan di panggil kan lo sama polantas..bagus pak hukum aja kata gue dalam hati..belom juga 1 menit gue puji itu polantas udah ada hal yang “gaib”..ternyata itu kenek turun nyamperin polantas karena ada panggilan “gaib” atau mungkin kode “gaib”..tiba tiba aja kenek itu ngasih gumpalan uang ke polantas..dan mungkin ya bukan gue,bokap gue,nyokap gue doang yang ngeliat..bisa aja semua yang deket-deket situ juga ngeliat..terus itu polantas ga malu?berapa sih penghasilan seorang supir metromini di banding penghasilan polisi skrg?apa gaji supir metromini lebih besar?gue klo jadi polisi sih malu..pungli men itu pungli namanya..preman doang biasanya yang ngelakuin pungli..polisi mau disamakan dengan preman?udah jelas itu polantas ga bermoral..untung gue ga ngeliat mukanya..males gue ngeliat muka-muka polisi yang begitu..gak semua polisi kaya gitu sih beberapa aja..mungkin 90% aja yang kaya gitu sisanya bersih..hahahahahaa..ga deng maaf ya..cuma share pengalaman aja..maaf pak pol..
Gue sih berharapnya jakarta bisa baik baik aja..dengan SDM yang tambah lebih baik..semua,apapun profesi lo di kerjain dengan professional..dengan tindakan yang baik..cermat..klo mau pungli ya jgn keliatan banyak orang juga..malu lo aturan..gue ataupun kita ataupun beberapa dari kita berharap jakarta bukan hanya terkenal dengan ibukota..tapi juga terkenal dengan manusia manusia yang ahli,cerdas,terampil dsb..lets pray for jakarta..aminnnnnn..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar